Feeds RSS
Feeds RSS

kontrasepsi mantap

Kontrasepsi mantap

Kontrasepsi mantap atau sterilisasi merupakan metode kb yang paling efektif ,murah,aman dan mempunyai nilai demografi yang tinggi.pelayanan kontap sudah dapat diterima masyarakat,dan makin lama makin besar jumlahnya dengan usia semakin muda.
Dasar dari kontrasepsi mantap ini adalah formula 100 yaitu perkalian jumlah anak dan umur ibu sama atau lebih dari seratus .ternyata kontap mendapat tanggapan baik dari masyarakat sehingga jumlahnya semakin besar .Perkumpulan sterilisasi sukarela Indonesia(PUSSI) dan selanjutnya diganti menjadi perkumpulan kontrasepsi mantap Indonesia(PKMI) yang berpusat di Jakarta menampung keinginan masyarakat untuk mendapat pelayanan kontap.
Dan bagaimana peranan bidan menghadapi kontrasepsi mantap di tenagh masyarakat,peranan bidan sangat besara dalam upaya menggalakkan penerimaan metode kontrasepsi mantap,sehingga makin dapat diterima masyarakat.
Fungsi bidan terutama KIE dan KIM tentang kontrasepsi mantap sebagai berikut:
1.Bagaimana kontrasepsi mantap itu?
Kontrasepsi mantap mempunyai ciri-ciri
a. Sifatnya permanen artinya untuk melakukan rekanalisasi memerlukan waktu dan biaya .
b. Perlu dilakukan konseling yang mantap,karena metode ini sifatnya permanen.
c. Dalam jangka panjang relative murah ,aman dan tanpa komplikasi.
2.Dimana tempat pelayanan kontrasepsi mantap ?
Kontrasepsi mantap dapat dilakukan pada
a.Vasektomi (Kontap Pria) : Puskesmas,tempat pelayanan kesehatan dengan fasilitas dokter ahli bedah, pemerintah maupun swasta.
Tindakan vasektomi ini murah dan ringan sehinnga dapat dilaksanakan di lapangan (puskesmas)
b.Kontap wanita
Rumah sakit dimana terdapat kamar bedah,rumah sakit pemerintahan maupun swasta.
3.Kapan kontap dapat dilaksanakan?
Masih dijumpai rumor dalam masyarakat bahwa untuk dapat pelayanan kontap wanita perlu hamil.Rumor ini perlu diperhatikan,karena kontapwanitapun dapat dilakukan pada saat wanita masih dirawat di rumah sakit yaitu:
a. saat melahirkan dan setelah keguguran
b. Bersamaan dengan tindakan menggugurkan kandungan
c. Pada saat tindakan operasi besar wanita diantaranya :bersamaan denan operasi kandungan
d. Setiap saat dikehendaki.
Sekali lagi ditekankan bahwa untuk mendapatkan pelayanan kontap wanita dapat dilakukan setiap saat dikehendaki dan tidak perlu hamil terlebjih dahulu.
4.Keanggotaan PKMI
Organisasi PKMI terbuka untuk siapa saja yang ingin menjadi anggota terutama mereka yang bergerak dibidang kesehatan,oleh karena itu bidan diharapkan menjadi anggota sehingga memudahkan dalam melakukan KIE (komunikasi,informasi dan edukasi) serta KIM(komunikasi,informasi dan motivasi)kepada masyarakat.
Dalam upaya menggalakan penerimaan kontap,Bidan berperan penting untuk dapat memberikan informasi tentang kontrasepsi mantap ini.diharapkan bidan dapat menjadi pusat penggerak penerimaan kontrasepsi mantap.